#030 : Komunikasi

Soal komunikasi yang kembali dateng beberapa hari yang lalu, bersyukur alhamdulillah seneng pake banget. Tapi disatu sisi timbul sebuah pertanyaan. Kira-kira masuk ke dalem mana tingkatan komunikasi ini ya ?

Peyangg.blogspot.com

Kalo kata Pak Mules Munroe, ada lima tingkatan komunikasi dalem berhubungan "romantis". Tapi menurut ku gak cuma soal romantisnya aja, ini bisa masuk ke mana aja yang penting judulnya komunikasi antara dua atau tiga orang atau lebih. Bahkan komunikasi pemimpin dengan rakyatnya juga bisa.

Pertama, komunikasi "b aja" alias biasa aja. Contohnya ketemu orang asing yang baru dikenal, misal: lagi antri atau lagi di jalan, biasanya cuma "say hello" aja. Ohiya komunikasi ini sifatnya dangkal dan aman, berisikan juga topik yang sifatnya umum gak ngelibatin topik-topik pribadi.

Kedua, komunikasi yang udah ngelibatin tentang orang lain. Misal: awalnya pengen ngobrolin tentang latar belakang masing-masing eh gak taunya malah ngobrolin atau gibahin temenlah, sahabatlah, inilah, itulah. Tapi disatu sisi dengan ngobrolin hal tersebut bisa ngebuat nyaman satu sama lain.

Ketiga, komunikasi sejati. Pada tahap ini udah mulai berani buat ngeluarin ekspresi diri kek semacem ide-ide, pendapat, gagasan, juga keputusan yang dibuat. Pada tahap ini juga udah mulai ngerasa nyambung dan berhasil buat ngedapetin respon satu sama lain. Ohiya komunikasi ditahap ini juga sifatnya udah mulai terbuka tentang dirinya terhadap lawan bicaranya.

Tapi jangan lupa, pada tahap komunikasi di sini ada yang namanya resiko. Sebab biasanya kalo udah saling terbuka, saling tuker pikiran, ide, pendapat, gagasan, juga keputusan, tanpa sadar kita juga sedang ngebuka kemungkinan adanya penolakan.

Keempat, komunikasi pada tahap ini udah lebih maju dari sebelumnya. Pada tahap ini juga udah lebih terbuka dan udah mulai berbagi emosi satu sama lain. Dengan kata lain, keduanya udah saling nyaman, ngobrolnya juga udah bukan sekedar aku kamu lagi tapi juga soal kita.

Pada tahap ini juga topik yang dibicarakan udah jauh lebih intim kek soal cita-cita, harapan bersama, atau ngomongin bisnis bersama, bahas keinginan beli rumah juga bisa, atau merencanakan untuk memiliki jumlah anak.

Kelima, komunikasi tingkat emosional. Ini merupakan komunikasi tertinggi. Disini udah gak ada lagi yang namanya rahasia-rahasia-an, udah gak ada lagi area-area terlarang antara keduanya untuk dimasuki bersama-sama.

Komunikasi keduanya udah mulai bebas dan cukup aman untuk saling jujur. Tapi jangan lupa, masih ada yang namanya resiko penolakan. Ohiya tingkat komunikasi di sini gak bisa langsung terjadi gitu aja, terkadang harus ngelewatin atau mengulang dari tingkat sebelumnya terlebih dahulu.

Jadi kembali ke pertanyaan di atas, jawabannya ya dikira-kira ajalah ya. Tentunya masih banyak ruang yang masih tertutup satu sama lain, dan emang masih butuh waktu sih untuk ngebukanya satu persatu.... Ayo!

 

Previous Post
Next Post

post written by:

Ada pepatah bilang begini : tak kenal maka tak sayang. Oleh karenanya marilah kita saling kenal untuk saling sayang, preet!

0 komentar: